Info Bos - Portal Berita Online Terpercaya

Habitat Macan Tutul Jawa Barat Kebanyakan Berada di Gunung ~ INFO BOS88

25 Apr 2017

Habitat Macan Tutul Jawa Barat Kebanyakan Berada di Gunung


InfoBos - Ketua Forum Macan Tutul Jawa (Formata), Hendra Gunawan, mengatakan, Macan tutul yang ada di Jawa Barat memiliki nama latin Panthera Pardus Melas. Dari 76 titik lokasi di mana macan tutul asal jawa ditemukan. Ada 26 kluster populasi, dari satu kluster terdapat beberapa macan tutul jawa. di Kebon Binatang Bandung, Selasa (25/4/2017) ini.

Hendra mengatakan, habitat macan tutul jawa kebanyakan berada di gunung dan hampir di semua gunung di Jabar terdapat macan tutul jawa. Yang menjadi persoalan adalah daya tampung karena seekor macan tutul jawa teritorialnya 600 sampai 700 hektare, Dalam kurun waktu 2001-2016, sebanyak 13 ekor macan tutul jawa dilaporkan keluar dari habitatnya.

Hendra menjelaskan, ada sebanyak 12 dari 13 ekor macan tutul yang teridentifikasi remaja jantan. Mereka keluar habitat karena kalah bertarung dengan macan tutul dewasa. Ia menilai, dalam pengelolaan suaka margasatwa di Jabar sebetulnya sudah sangat baik dan berada di Suaka Margasatwa Gunung Sawal. Namun, saat ini masih diperlukan pengelolaan yang terintegrasi menyusul pengelolaan hutan di Gunung Sawal bukan hanya BBKSDA Jabar.

"Macan tutul jawa tidak mengenal hutan produksi, hutan rakyat, dan hutan lindung. Agar semua bisa menjadi habitat, maka hutannya jangan sampai gundul, di hutan produksi jangan disiram herbisida, dan lain-lainnya. Makanya perlu sekali pengaturan dengan model pengelolaan yang terintegrasi," kata Hendra.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

kartubos.com adalah situs poker online uang asli terbaru
Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Arsip Blog