Info Bos - Portal Berita Online Terpercaya

Tantowi Yahya Sudah Resmi Jadi Dubes Indonesia di Selandia Baru ~ INFO BOS88

20 Apr 2017

Tantowi Yahya Sudah Resmi Jadi Dubes Indonesia di Selandia Baru


InfoBos - Pada hari Rabu (19/4/2017) kemarin, politisi Golkar bernama Tantowi Yahya sudah menyerahkan surat kepercayaan dari Presiden RI Joko Widodo kepada Dame Patsy Reddy yang sebagai Gubernur Jenderal Selandia Baru di Government House, Wellington.

Tantowi disambut upacara kehormatan berupa tarian khas Maori disambung dengan inspeksi pasukan kehormatan. Setelah prosesi penyambutan selesai, maka Tantowi yang bersama dengan isterinya Dewi Yahya langsung diantar untuk menemui Gubernur Jenderal Selandia Baru yang dimana sudah menanti kedatangannya di Blundell Room bersama dengan suaminya, David Gascoine dengan beberapa menteri dan pejabat setempat.

Dalam pidatonya di hadapan jajaran pemerintah Selandia Baru, Tantowi juga menyampaikan salam hangat sekaligus harapan dari Presiden RI Joko Widodo untuk hubungan bilateral yang lebih baik antara kedua negara. Dalam pidato balasan, akhirnya Gubernur Jenderal Dame Patsy Reddy menegaskan, pentingnya negara Indonesia sebagai mitra bilateral dan regional bagi Selandia Baru.

Pada tahun lalu Indonesia adalah mitra dagang terbesar ke-13 di dunia dan kedua di Asia Tenggara bagi Selandia Baru. Angka perdagangan Selandia Baru dan Indonesia baru mencapai 1.4 miliar dolar AS atau sekitar Rp 18,6 triliun per tahun. Jumlah ini terbilang sangat kecil jika dibandingkan dengan nilai perdagangan Negeri Kiwi ke seluruh dunia yang mencapai 64 miliar dolar AS.

Sementara di sektor pariwisata, ada sebanyak 40.000 warga Selandia Baru berkunjung ke Indonesia, sementara total 16.000 orang Indonesia yang berwisata ke negeri tetangga Australia. Salah satu program Selandia Baru yang cukup signifikan ke Indonesia adalah New Zealand Aid. Untuk sektor pendidikan, sedikitnya ada 1.000 pelajar Indonesia menuntut ilmu di Selandia Baru dan kedua negara tersebut sudah sepakat semua kerja sama ini akan ditingkatkan di masa datang.

Penyerahan surat-surat kepercayaan ini menandai dimulainya secara resmi sekaligus tugas Tantowi Yahya sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk negara Selandia Baru. Pada tahun 2018 nanti hubungan Indonesia dengan Selandia Baru akan memasuki usia ke-60 tahun, saat yang tepat untuk merefleksi hubungan kedua negara yang akan terus diperdalam dan diperkuat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

kartubos.com adalah situs poker online uang asli terbaru
Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Arsip Blog